Wednesday, May 17, 2017

Merbabu Pass Pakis Magelang - Wisata Cantik di Gunung Merbabu

Selamat pagi Sobat Smartphonegraphers, jumpa lagi dengan saya yang akan berbagi informasi Explore. Kabupaten Magelang, ya kali ini saya akan memberikan informasi tentang Wisata Merbabu Pass yang merupakan Wisata baru di Kecamatan Pakis.

Merbabu Pass Cover

Berangkat jam 9 pagi dari arah Boyolali, bersama tiga teman, saya meluncur ke lokasi yang saya sendiri belum mengetahui lokasi tepatnya.
Melewati Kopeng lalu masuk perbatasan Kabupaten Magelang, saya malah melewati gerbang wisata tersebut sampai di pertigaan jalan Magelang - Salatiga - Boyolali. Akhirnya saya berhenti di warung beli camilan sambil bertanya lokasi detailnya. Wah sungguh kagetnya saya, karena lokasi wisata itu satu jalur dengan Pendakian Gunung Merbabu via Wekas. Langsung deh tancap gas menuju kesana.
Masuk ke Gerbang Wekas, Gerbang ini bagi kalian yang belum pernah kesini dan dari arah Salatiga pasti agak tak terlihat, karena Gerbang ini menghadap ke arah Magelang, sehingga pasti kalian melewatkanya. Tapi ada baiknya juga sih kalian turun kebawah dulu, lalu putar balik dan naik lagi, selain lebih mudah masuk, juga lebih aman karena berada di tikungan dan turunan.
Setelah masuk Gerbang Wekas, anda tinggal lurus saja ikuti jalan, sudah ada papan petunjuk menuju lokasi. Melewati pedesaan yang penduduknya ramah tamah, merupakan ciri khas penduduk kaki Gunung Merbabu, lalu masuk Gapura Pendakian Merbabu via Wekas yang setelahnya berupa pemandangan hijau pohon - pohon pinus. Lalu kembali melewati pedesaan dengan jalan naik yang lumayan tajam, dan sampailah di Basecamp Wekas. Dari situ ada papan petunjuk menuju Merbabu Pass dan parkir sepeda motor.

tanaman sayur di Merbabu Pass

Dari parkiran, kalian yang tak hobi jalan kaki tak perlu kawatir ya, soalnya dari parkiran cuma jalan sebentar kok, gak ada 10 menit dan sampai di Merbabu Pass. Mungkin akan kalian temui para pendaki Gunung Merbabu yang naik maupun turun, karena jalan dari parkiran menuju lokasi sama dengan Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas.
Merbabu Pass merupakan wisata baru di Kabupaten Magelang, tepatnya di Dusun Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Wisata ini baru dibuat dan dibuka sekitar 3 bulan (Maret 2017), dikelola oleh warga setempat.
Dari Wisata Merbabu Pass, kita bisa melihat pedesaan yang begitu asri dari atas. Gardu Pandang yang disediakan semakin menambah mantap foto yang anda ambil dari tempat ini. Selain itu pemandangan cantik Gunung Sindoro, Sumbing, Telomoyo dan Andong juga bisa kita lihat saat cerah.
Yang paling ikonik dari Wisata ini adalah tulisan Merbabu Pass yang dibuat menghadap pedesaan, sehingga dari bawah anda bisa melihatnya mirip tulisan Hollywood hehe. Tak perlu kawatir untuk foto didepan tulisan ini, karena tulisanya hurufnya dibuat lumayan besar setinggi kurang lebih 2 meter dengan lebar per hurufnya sekitar 1 meter. Huruf - huruf ini dibuat permanen dari campuran pasir - semen yang berarti sangat kuat.
Sesekali akan ada kabut naik yang semakin menambah hawa sejuk Wisata ini dan jangan kaget bila anda mendengar suara angin yang mirip badai karena sudah menjadi ciri khas Gunung Merbabu.
Merbabu Pass Magelang

Saya pernah naik ke Gunung Merbabu via Wekas 1,5 tahun yang lalu bersama anak - anak AGMM yang masih sekolah. Kini mereka sudah bekerja, begitupun saya sehingga sudah jarang naik Gunung. Nah bagi kalian yang akan kesini saran saya gunakan motor yang waras mesin nya ya. Soalnya jalan menuju kesini naik, kalau menggunakan motor koplingan sih mungkin kuat, kalau motor bebek dan matic sebaiknya gak usah boncengan, kalaupun boncengan jangan lupa servis dulu motornya hehe. Rem juga dicek ya, soalnya motor teman saya rem belakangnya blong kemarin karena habis kampasnya, untungnya rem depan masih berfungsi dan ada kopling. Untuk yang menggunakan mobil, di Wisata ini belum dibuatkan parkiran Mobilnya, namun anda tak perlu kawatir, Mobil bisa sampai ke Basecamp dan bisa diparkirkan disini, karena jalan nya luas.

Untuk pengguna GPS, sementara lokasi Wisata Merbabu Pass masih menunggu konfirmasi dari Google Maps setelah saya masukan ke peta, dan karena lokasi Basecamp Wekas juga belum ada di Google Maps, untuk sementara silahkan pakai peta berikut dengan Keywords Gerbang Wekas.
Akses Lokasi

1. Dari arah Semarang, ikuti jalan utama Solo - Semarang, setelah sampai di Gerbang Perbatasan Salatiga, belok kanan via JLS (Jalan Lingkar Salatiga), kemudian ambil arah Kopeng. Setelah melewati Kopeng lurus saja hingga Gerbang Wekas disamping kiri jalan sebelum pertigaan Jl. Magelang - Boyolali. Dari Gerbang Wekas naik saja terus sudah ada papan petunjuk menuju Lokasi Wisata. Rute ini saya sarankan lewat salatiga karena menghindari macet jika lewat Ambarawa - Magelang serta jarak juga lebih jauh dibandingan via Salatiga.
  2. Dari arah Boyolali - Salatiga, ikuti JLS (Jalan Lingkar Salatiga), kemudian ambil arah Kopeng. Setelah melewati Kopeng lurus saja hingga Gerbang Wekas disamping kiri jalan sebelum pertigaan Jl. Magelang - Boyolali. Dari Gerbang Wekas naik saja terus sudah ada papan petunjuk menuju Lokasi Wisata.
  3. Dari arah Wonosobo -Temanggung, ikuti jalan Pringsurat menuju Jl. Magelang - Semarang, kemudian belok kanan arah Kopeng. Ikuti jalan Magelang - Salatiga kemudian belok kanan masuk Gerbang Wekas. Dari Gerbang Wekas naik saja terus sudah ada papan petunjuk menuju Lokasi Wisata.
  4. Dari arah Yogyakarta - Magelang via Muntilan, ikuti jalan menuju Keteb Pass melewati Jl. Veteran - Jl. Mungkid. Setelah melewati Keteb Pass, ikuti jalan menuju Kopeng. Setelah sampai di pertigaan Jl. Magelang - Kopeng, belok kanan naik lalu belok kanan lagi ke Gerbang Wekas. Dari Gerbang Wekas naik saja terus sudah ada papan petunjuk menuju Lokasi Wisata.

Informasi

• Nama : Merbabu Pass.
  • Lokasi : Dusun Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • HTM : Rp.2000.
  • Maps Keyword : Gerbang Wekas (sementara).