Tuesday, October 31, 2017

69 Pesona Wisata di Kabupaten Semarang



Kabupaten Semarang adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Semarang sendiri memiliki 19 Kecamatan yang dibagi atas 208 Desa dan 27 Kecamatan. Letak wilayah yang strategis yakni berada di tengah - tengah Provinsi Jawa Tengah menjadikan Kabupaten Semarang sebagai tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh Wisatawan. Mengingat letaknya yang bisa menjadi persinggahan para pelancong dan wisatawan yang menuju Kota besar yakni Jakarta dan Surabaya, Kabupaten Semarang selalu menjadi pelopor Destinasi Wisata - Wisata baru yang selalu populer dan diburu.

TAMAN

1. Alun - Alun Bung Karno
Alun - Alun Ungaran Kalirejo merupakan Alun - Alun yang dibuat sebagai pengganti Alun - Alun lama. Selain luas dan dilengkapi taman yang indah, Alun - Alun ini juga dilengkapi Pendopo, Masjid dan Wahana yang ditujukan untuk anak - anak muda. Lokasi tempat ini berada di Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur. Nah selain itu anda bisa bermain dengan Mobil - Mobilan yang menyala dengan hiasan lampu di malam hari serta musik yang bisa anda pilih lagunya sesuai selera anda. Nah untuk anak - anak juga ada Sepatu Roda dan Skuter yang cukup untuk membuat mereka gembira dan betah bermain disini. Untuk kuliner, anda tak perlu khawatir, karena sudah ada warung - warung makan yang siap menjamu anda bersama teman maupun keluarga.

2. Alun - Alun Lama Ungaran
Alun - Alun Lama Ungaran merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Semarang dulunya, namun kini menjadi Taman yang sering dikunjungi oleh kalangan muda dimalam hari, digunakan untuk berteduh disiang hari dan selalu menjadi tempat kenangan para pecinta kuliner karena meski Alun - Alun Ungaran sudah dipindahkan, para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman masih tetap disini. Lokasi tempat ini berada Jl. Kauman Selatan, Kecamatan Ungaran Barat. Tempat ini juga masih ramai karena Kantor - Kantor penting seperti Depnaker, Kependudukan dan Pengadilan masih berdiri dan berlokasi tidak jauh dari Alun - Alun Lama.

3. Taman Serasi

Nah bagi kalian yang keluar masuk Kabupaten Semarang pasti tidak asing dengan Gapura Kabupaten Semarang yang menjadi Batas Kota dan Kabupaten Semarang. Nah ada Taman serasi yang dulunya bernama Taman unyil didekat Gapura tersebut. Taman ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang kadang beristirahat setelah dari Kota Semarang. Selain itu juga didominasi oleh Ibu bersama buah hatinya yang bermain di wahana yang disediakan. Lokasi tempat ini berada di Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat.

4. Taman Kelinci

Jika anda pecinta olahraga bernuansa alam, disinilah tempatnya. Taman kelinci merupakan Wisata mini yang berlokasi di Rowoboni, Kecamatan Banyubiru yang cocok untuk anda yang ingin berwisata bersama keluarga. Fasilitas lengkap, Kolam dan Outbond pun ikut melengkapi Wisata Mini ini. 

WISATA ALAM


5. Bukit Harapan Cunthel

BHC atau lebih populer dengan nama Bukit Harapan Cunthel, merupakan Wisata Alam yang hampir genap setahun sejak dibuka. Dulunya tempat ini hanyalah Basecamp Pendakian Gunung Merbabu, namun semenjak ditemukan satu pohon unik dan banyak para pendaki yang mampir, maka dibukalah Wisata BHC. Dari pohon tersebut anda bisa menyaksikan Gunung Sindoro, Sumbing, Andong, Telomoyo dan Lawu saat cuaca cerah. Disediakan pula mainan tradisional yakni 'Egrang' yang eksistensinya dizaman ini kian musnah. Lokasi Wisata ini berada di Cunthel, Koppeng, Kecamatan Getasan.

6. Ampel Gading Homeland

Nah ini dia wisata baru di Kabupaten Semarang yang akan segera populer diburu Wisatawan, selain lokasinya yang berdekatan dengan Candi Gedong Songo, wisata ini juga berdekatan dengan jalan utama ke Wisata daerah Sumowono. Tempat ini sangat keren untuk anda yang suka dengan sensai 1300 MDPL, ya dari tempat ini anda bisa menyaksikan pemandangan khas wilayah Kabupaten Semarang dari Gunung Ungaran. Lokasi tempat ini berada di Kenteng, Kecamatan Bandungan.

7. Bantir Hills

Bantir Hills merupakan nama Wisata yang berlokasi di Desa Losari, Kecamatan Sumowono. Wisata ini juga belum genap setahun dibangun, namun popularitas di Youtube telah menjadikan tempat ini menjadi daya tarik kedua Wisata Baru di Kabupaten Semarang. Tempat ini sangat ramai pada hari libur dan pada hari biasa pun tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Berada di Gunung Ungaran dengan pemandangan hijau dan tulisan Bantir Hills yang menjadikan wisata ini ikonik di Sumowono.

8. Sukorini Hills

Seakan tak pernah habis, tempat ini juga merupakan pendatang baru di Destinasi Wisata Kabupaten Semarang. Dengan sebutan Desa Kabut atau Foggy Village, tempat ini berhasil menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar daerah Kabupaten Semarang. Berlokasi di Kemitir, Kecamatan Sumowono, tempat ini patut anda kunjungi untuik mengisi liburan anda. Jika anda menginginkan Wisata Alam dengan pemandangan Gunung, nah jangan lupa mapir kemari ya, dan memang selalu ada kabut tebal di wilayah ini lho.

9. Lereng Kelir

Lereng Kelir merupakan Wisata Alam yang berlokasi di Brongkol, Kecamatan Jambu. Wisata hampir genap setahun dan dulunya merupakan wisata yang sangat populer sejak diresmikan, karena selain wisatawan juga para pendaki pun ikut andil dalam meningkatkan popularitas Wisata Lereng Kelir. Dari Basecamp hingga ke Lereng Kelir membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam melewati kebun kopi dan sampailah di Gardu Pandang Utama. Pemandangan indah seperti Gunung Ungaran, Merbabu, Telomoyo, Kendil, Lawu, Sindoro, Sumbing dan Danau Rawa Pening bisa anda dapatkan untuk membayar perjalanan anda.

10. Rolak Sewu

Masih berada di Gunung Kelir, ini dia Wisata Alam yang bersebelahan dengan Lereng Kelir bila dilihat dari puncak, nah bila untuk menjangkaunya anda harus memutar, turun dan naik lagi ya. Wisata ini merupakan Wisata baru yang berlokasi Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru dan merupakan wisata paling ujung di Gunung Kelir, sehingga paling dekat untuk menyaksikan Danau Rawa Pening dari ketinggian. Untuk sampai puncak anda harus mendaki sekitar 30 menit.


11. Ngasem Park
Ngasem Park adalah Wisata baru di Kecamatan Bandungan, tepatnya di Dusun Ngasem, Desa Jetis. Wisata ini belum diresmikan dan masih dalam tahap penyelesaian, namun lokasi Wisata yang berjajar dengan Kebun Bunga Setiya Aji menjadikan tempat ini juga disinggahi oleh Wisatawan. Dengan 2 Gardu Pandang bertingkat dan 2 Rumah Kayu Unik, tempat ini mampu menyajikan nuansa khas nya sendiri.

12. Bukit Batu Utama

Menelusuri Kecamatan Tengaran, menuju Desa Nyamat yang berbatasan dengan Kecamatan Suruh. Ada Wisata tersembunyi yang lumayan unik lho, namanya Bukit Batu Utama. Tempat ini masih dalam proses pengerjaan, namun pada hari libur sudah banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Ada gardu pandang besi yang melingkari salah satu pohon paling tinggi di bukit ini, ada tangganya juga sehingga lebih mudah dan lebih aman untuk menyaksikan pemandangan Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran dan Kota Salatiga dari jauh. 

13. Pesona Candirejo

Tidak jauh dari pusat Ungaran, tepatnya di Kecamatan Pringapus, Desa Candirejo, ada Wisata tersembunyi yang sekitar 6 Bulan berjalan. Wisata ini berada di teduhnya jajaran pohon - pohon jati dengan pemandangan indah Sabana nan hijau, Gardu Pandang bertingkat pun disediaakan untuk mengambil foto objek berbentuk Love yang berada jauh dikerumunan tanaman jagung.

14. Gedong Pass

Nah, berbicara tentang Wisata Alam yang dilengkapi dengan Gardu Pandang unik dengan nuansa pegunungan, Wisata Gedong Pass ini patut ada coba lho. Berada di Lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan. Wisata ini menjadi salah satu dari 3 Dusun tertinggi di Kecamatan Getasan dengan suhu yang dingin dan sering dihampiri kabut, walau begitu Gedong Pass yang merupakan gardu pandang 4 tingkat ini akan membuat anda puas dengan keindahan pemandangan alamnya lho. 

HUTAN


15. Hutan Pinus Kayon

Suka dengan nuansa hutan hijau yang dikelilingi pohon - pohon tinggi ?, nah ini dia jawabanya. Hutan Pinus Kayon adalah Hutan yang berada di Desa Batur, Kecamatan Getasan. Hutan ini sebenarnya tidak begitu luas, namun sering menjadi Tujuan Wisatawan karena ada satu pohon pinus yang berbentuk melengkung, sehingga anda bisa naik dan duduk bersandar di pohon tersebut.

16. Wana Wisata Penggaron

Hutan Penggaron adalah satu - satunya hutan di Kabupaten Semarang yang amat luas dan dikelola dengan baik sebagai wisata unggulan di Ungaran. Hutan ini masih alami, sehingga anda akan mendengar kicauan burung - burung yang beraneka ragam dan binatang maupun serangga lain. Hutan yang pernah menjadi tuan rumah WWIM 13, Instameet tahun lalu ini memang sering dikunjungi para kawula muda untuk berfoto. Lokasinya berada di Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur.

KULINER


17. Kampoeng Banyumili

Berada di perbatasan Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Tuntang, Desa Gedangan. Kampoeng Banyumili populer dengan kombinasi Resto, Outbond dan View yang menarik. Berada didekat persawahan yang hijau, seakan anda dibawa ke suasana asri pedesaan, semakin adem ditambah pemandangan deretan Gunung Kendil, Kelir dan Telomoyo. Anda juga bisa memancing, menyewa perahu dan berfoto di spot foto yang disediakan.



18. Kampung Rawa

Wisata Kuliner ini berada disamping Danau Rawa Pening dan berada tidak jauh dari Jalan Lingkar Ambarawa (JLA), sehingga menjadikan Wisata ini berada di jalur strategis untuk menarik Wisatawan. Wisata ini sangat indah pada saat cuaca cerah sehingga pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Kendil dan Kelir pun kelihatan berjajar. Lokasi Wisata ini berada di Jl. Sarbini, Kecamatan Ambarawa yang sekaligus menjadikan tempat ini sangat dekat dengan Wisata lain di Ambarawa.

19. Cimory On The Valley

Nah, Wisata Kuliner unggulan di Kabupaten Semarang ini sudah tak perlu diragukan lagi, pasalnya selain terkenal, wisata yang belum lama dibangun ini sangat ramai dikunjungi Wisatawan dari berbagai wilayah diluar Kabupaten Semarang. Bahkan, jalan raya utama Solo - Semarang sampai macet saat Hari Libur. Lokasi Wisata ini berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Bergas.

20. Watu Gunung

Wisata ini berada di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat. Wisata Kuliner ini berada dilereng Gunung Ungaran yang sejuk dan berbaur dengan pedesaan. Dipadu dengan suasana klasik yakni rumah dengan desain jawa dan kolam dengan gaya modern, menjadikan anda dan keluarga anda betah berwisata kemari.

21. Nissin Cafe & Emporium
Wisata Kuliner yang didirikan oleh Perusahaan ternama di Indonesia ini merupakan Wisata Kuliner Populer di Kabupaten Semarang. Resto modern ini berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 23, Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur. Tempat ini ramai dikunjungi oleh Wisatawan pada hari minggu dan hari libur. Anda akan mencium bau wangi biskuit saat melewati tempat ini.

AIR TERJUN


22. Grojogan Klenting Kuning

Air Terjun ini berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono. Air Terjun ini disebut Grojogan Klenting Kuning karena debit airnya yang luas namun tidak terlalu tinggi berwarna kuning karena tanah dibawahnya. Tempat ini juga dipakai oleh para pendaki Gunung Ungaran meskipun tak sepopuler Jalur Mawar. Wisata ini berdekatan dengan Wisata lain di Kecamatan Sumowono dan berbatasan dengan Kabupaten Kendal.

23. Curug Panglebur Gongso

Air Terjun yang satu ini memiliki Gua yang sangat panjang dibawah alirannya. Berada di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono menjadikan Wisata ini sebagai deretan Wisata berdekatan dengan Wisata lainya. Selain itu tempat ini juga memiliki Gua Pohon yang sangat unik, yang membuat anda bisa masuk dibawah pohon tersebut. Ada juga jembatan unik yang dibangun disamping Gua Pohon yang tepat berhadapan dengan Air Terjun.

24. Air Terjun Goa Semar
Air Terjun setinggi kurang lebih 13 meter ini berada di Dusun Srandil, Desa Sepakung, Kabupaten Semarang. Air Terjun yang masuk sebagai salah satu andalan Desa Wisata Sepakung ini memang masih baru dan belum begitu terekspos, namun anda harus mampir kemari, karena anda akan merasakan sensasi menengangkan berjalan dibawah kebun kopi yang rimbun dan teduh.




25. Curug 7 Bidadari

Kembali ke Kecamatan Sumowono, di Desa Keseneng lagi, ya satu lagi Air Terjun cantik bernama Curug 7 Bidadari. Curug ini mengalir menjadi 7 bagian dengan aliran air yang lumayan deras. Terdapat warung - warung juga, sehingga anda tak perlu khawatir lapar. Ada 2 Spot untuk menikmati keindahan Air Terjun ini, yakni dari bagian atas air dan dari depan.

26. Curug Blondo
Di Kecamatan Tengaran, tepatnya di Desa Regunung, ada Air Terjun yang unik bernama Curug Blondo. Air Terjun ini berbeda dengan Air Terjun umumnya yang lokasinya berada jauh dilembah, malah lokasi tempat ini berada didekat area persawahan warga. 

27. Air Terjun Grinjingan

Air Terjun ini berada di Lereng Merbabu, tepatnya di Thekelan, Kecamatan Getasan yang juga menjadi jalur tertua pendakian Gunung Merbabu dengan Maskot nya Watu Gubuk. Air Terjun ini gratis karena Air Terjun ini tahunan, atau hanya mengalir disaat musim penghujan saja.

28. Air Terjun Sabrangan

Air Terjun ini berada di Desa Dadapayam, Kecamatan Suruh dan merupakn Air Terjun kedua dari Wisata Desa Dadapayam. Untuk mencapai Air Terjun ini, anda harus berjalan menyusuri sungai sekitar kurang lebih 45 menit dan anda akan menemukan Air Terjun setinggi 12 meter ini. Ada juga rute atas tanpa harus melewati aliran sungai, namun cukup jauh. Air Terjun ini juga musiman, jadi datanglah disaat waktu yang tepat.

29. Air Terjun Nggedat

Air Terjun ini merupakan Air Terjun pertama di Desa Dadapayam, Kecamatan Suruh yang berlokasi tidak jauh dari pintu masuk Wisata. Cukup berjalan turun sekitar 15 menit anda akan sampai di Air Terjun dengan air berwarna biru kehijau - hijauan ini.

30. Air Terjun Mbah Senggol
Air Terjun ini berada di Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru. Mengalir setinggi 5 meter dan terdapat lubang yang diapit oleh dua cekungan, menjadikan Air Terjun ini begitu unik. Untuk mencapai lokasi, anda harus berjalan sekitar 10 menit melewati sawah dan pohon bambu. Bagi anda yang lelah ada tempat istirahat yang disediakan di titik - titik tertentu, dan ada juga mushola yang dibuat dari bambu dekat lokasi Air Terjun.

31. Air Terjun Bolodewo
Masih di Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, di dusun terpisah namun masih sejalur aliran sungai dari Air Terjun Mbah Senggol, ada dua Air Terjun yang mengalir berdampingan, yakni Air Terjun Bolodewo. Tempat ini dulunya dinamai Air Terjun Kembar Bolodewo, karena ada dua. Tempat ini kurang begitu terawat, namun justru malah menjadikan tempat ini menjadi surga tersembunyi yang alami. Pada saat hujan turun Wisatawan dilarang kesini, karena sering terjadi longsor. Jika anda beruntung anda akan bertemu monyet yang turun dari hutan di atas Air Terjun.

 32. Air Terjun Gedong
 Didekat Wisata Gedong Pass, ada Air Terjun perawan yang masih belum dinamai. Air Terjun ini berada di Desa Tajuk, Kecamatan Getasan dan terbagi menjadi tiga Air Terjun. Jarak dari Pedesaan ke Air Terjun pertama, anda harus berjalan naik serasa mendaki selama 40 menit, lalu 30 menit ke Air Terjun kedua, dan 30 menit ke Air Terjun ke tiga. Air Terjun pertama saja airnya seperti es, mengingat Air Terjun ini mengalir dari Gunung Merbabu.

33. Curug Lawe

Curug Lawe merupakan Air Terjun populer di Kabupaten Semarang dengan Jembatan Cintanya. Lokasi tempat ini berada di Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat. Air Terjun ini mengalir dari Gunung Ungaran dan karena debit airnya itulah yang membuatnya dinamai Curug Lawe atau Selawe, dua puluh lima dalam bahasa Indonesia. Untuk menuju lokasi dari pintu masuk, anda harus berjalan cukup jauh dan harus berhati - hati saat hujan, karena bisa terjadi banjir.

34. Curug Benowo

Curug Benowo merupakan Air Terjun lain di Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat yang juga mengalir dari Gunung Ungaran. Lokasi Curug Benowo sekitar 25 menit naik dari Curug Lawe di tengah hutan dan merupakan jalur pulang menuju pintu masuk Wisata. Kadang akan anda temui pendaki Gunung Ungaran yang lewat disebelah Air Terjun.

35. Air Terjun Semirang

Berada di tengah Hutan yang masih masuk wilayah Kecamatan Ungaran Barat, disitulah Air Terjun Semirang berada. Tempat ini sering digunakan warga sekitar dan Wisatawan untuk mandi. Selain airnya bersih, jalan menuju lokasi juga nyaman karena dibuat berundak. Terdapat warung di samping Air Terjun, sehingga lebih efektif bagi Wisatawan untuk berfoto, mandi, istirahat dan makan secara bergantian.

36. Curug Gamelan

Air Terjun ini sebenarnya tidak terlalu tinggi dan bisa dibilang pendek, namun sangat unik karena air yang mengalir meluas dan memanjang kesamping. Dihiasi bebatuan dan pepohonan rimbun, serta warung - warung tepat disamping sungai, menjadikan Air Terjun ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan Wisatawan. Lokasi Wisata ini berada di Desa Lebak, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang.

37. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun ini yang mengalir dari lereng Gunung Merbabu ini berada di  Desa Kopeng, Kecamatan Getasan. Air Terjun musiman ini berada di belakang Wisata Kopeng dan disamping jalan utama menuju Basecamp Gunung Merbabu via Cunthel. Dari pintu masuk anda cukup berjalan selama 10 menit saja.



38. Air Terjun Kalipancur

Nah ini dia Air Terjun tertinggi di Kabupaten Semarang yang mengalir dari Gunung Gajah. Air Terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan dan bisa anda tempuh dari arah Salatiga maupun dari Wisata Sepakung. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan menyisakan buih - buih yang menyebar seperti pancuran. 

KEBUN BUNGA


39. Setiya Aji Flowers Farm 

Kabupaten Semarang punya Kebun Bunga lho, nah ini dia Setiya Aji Flowers Farm. Lokasi tempat ini berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Wisata ini sangat ramai pada hari libur sampai hanya untuk berfoto dengan bunga saja anda harus antri. Dari Wisata ini anda bisa menyaksikan pemandangan Danau Rawa Pening, Gunung Ungaran, Gunung Lawu, Gunung Temomoyo dan Gunung Merbabu.

40. Kampung Krisan Clapar

Satu lagi Kebun Bunga di Kabupaten Semarang yang tepatnya berada di Desa Duren, Kecamatan Bandungan. Bernama Kampung Krisan Clapar, kebun bunga krisan yang lebih luas dan dilengkapi dengan Gardu Pandang serta berlokasi berdampingan dengan area persawahan. Perpaduan tersebut melengkapi Wisata Kebun Bunga ini menjadi Wisata Populer di Kecamatan Bandungan.

CANDI


41. Candi Klero

Candi Klero merupakan Candi Hindu yang berlokasi di Desa Klero, Kecamatan Tengaran. Awalnya area candi adalah gundukan tanah disamping kuburan sebelum ditemukan. Kini Candi seluas 10 x 10 meter ini telah dijadikan Wisata Cagar Budaya.

42. Candi Gedong Songo

Berlokasi di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, dan merupakan Kompleks yang terdiri dari beberapa candi. Wisata ini merupakan Ujung Tombak Wisata di Kabupaten Semarang untuk sektor Internasional sehingga Turis Asing juga merupakan tujuan untuk semakin mempopulerkan Candi Gedong Songo ini.

43. Candi Dukuh

Candi Dukuh merupakan Candi peninggalan Mataram Kuno dari generasi Brawijaya V. Lokasi Candi ini berada di Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, dibukit yang bersebelahan dengan Danau Rawa Pening. 

44. Candi Ngempon

Satu lagi Candi di Kabupaten Semarang yang berlokasi di Desa Ngempon, Kecamatan Bergas. Candi ini berada di area persawahan warga dan dekat dengan pemandian air panas. Candi ini merupakan peninggalan Dinasti Syailendra dibagian utara.

EDUKASI


45. Taman Djamoe Indonesia 

Taman Djamoe Indonesia merupakan Wisata yang didirikan oleh Nyonya Meneer sebagai bentuk kecintaanya terhadap obat - obat tradisional. Berbagai jenis tanaman dapat ditemukan di Wisata yang berlokasi di Kenangkan, Kecamatan Bergas ini.



46. Museum Kereta Api Indonesia

Wisata Edukasi selanjutnya yakni Museum Kereta Api Indonesia, dimana banyak gerbong - gerbong kuno yang bisa kita temui disini beserta bangunan yang masih mempertahankan originalitasnya. Selain itu anda juga bisa naik kereta api menuju Stasiun Tuntang dan kembali lagi ke Ambarawa. Lokasi Wisata ini berada di Panjang, Kecamatan Ambarawa.

47. Palagan Ambarawa

Palagan Ambarawa merupakan museum yang menyimpan sejarah perjuangan rakyat Indonesia serta Monumen yang menjadi simbol perlawanan rakyat Indonesia terhadap Penjajah. Tempat ini juga berada di Panjang, Kecamatan Ambarawa.

PENINGGALAN SEJARAH


48. Benteng Pendem (Fort Willem I) 

Benteng Bendem merupakan benteng peninggalan Belanda yang berada di Lodoyong, Kecamatan Ambarawa. Benteng ini kini telah dibuka menjadi tempat Wisata untuk umum.

49. Stasiun Beringin

Berbeda dengan Stasiun Tuntang, Ambarawa, Jambu dan Bedono, Stasiun yang berada di berada di Jl. Diponegoro, Kecamatan Bringin ini sangat tidak terawat. Namun karena bangunan nya yang utuh dan kuno inilah justru banyak kalangan muda berlunjung ke tempat ini. 

DANAU RAWA PENING


50. Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan Destinasi Wisata yang berlokasi di Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Wisata ini sangat bersih dan terawat dan merupakan salah satu Wisata yang menyewakan perahu untuk menikmati indahnya Rawa Pening.

51. Jembatan Biru

Jembatan Biru merupakan 3 jembatan yang disambung menjadi satu dan berdiri di sisi timur Rawa Pening. Jembatan unik memiliki pemandangan yang luar biasa, dan anda juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling ke tengah Rawa Pening. Wisata yang berada di Sumurup, Kecamatan Bawen ini kini tampil lebih cantik dengan cat pelangi.




52. Kampung Pelangi Bejalen

Wisata terpopuler yang terkenal di Youtube dan menjadi tempat favorit Wisatawan ini berada di Dusun Bejalen Timur, Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa. Selain indah dengan lukisan warna - warni yang menjadi ciri khas Desa Bejalen, tempat ini juga menyediakan perahu untuk anda yang ingin berkeliling menuju Rawa Pening.

KOPI


53. Kopi Banaran

Berada di Kecamatan Bawen, Wisata ini sering menjadi tempat diselenggarakanya pesta pernikahan maupun acara - acara tertentu. Berbagai pilihan menu minuman Kopi disediakan dengan tarif harga yang berbeda pula.

54. Doesoen Kopi Sirap

Berada di lereng Gunung Kelir, Wisata baru di Kabupaten Semarang ini lebih menunjukan Wisata ala pedesaan. Dengan nuansa alam dan dikelilingi oleh Kebun Kopi serta dilengkapi Gazebo - Gazebo, membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi, khususnya bagi anda pecinta kopi. Lokasi tempat ini berada di Dusun Sirap, Desa Bedono, Kecamatan Jambu.

GUNUNG


55. Gunung Merbabu

Bagi anda pecinta alam yang menyukai trekking dan hiking, tidak ada salahnya anda mencoba naik ke Gunung Merbabu via Thekelan, Kecamatan Getasan dan via Cunthel, Kecamatan Getasan.

56. Gunung Kendil

Gunung kecil ini ternyata juga menyajikan pemandangan yang luar biasa, anda bisa mencapai puncaknya dengan mendaki via Sepakung, Kecamatan Banyubiru.




57. Gunung Kelir

Satu lagi Gunung yang bisa anda naiki dan sangat spesial karena ada Gardu Pandang bertingkat dipuncaknya. Ya ini dia Gunung Kelir, Gunung ini bisa anda capai via Wonokasihan, Kecamatan Jambu.

58. Gunung Ungaran
Bagi anda yang mendengar nama ini pasti sudah tak asing lagi bukan ?. Silahkan ke Basecamp Mawar, Kecamatan Bandungan, untuk anda yang ingin naik ke Gunung Ungaran atapun untuk sekedar Camping.

PEMANDIAN AIR PANAS

59. Pemandian Air Panas Derekan

Berada di Desa Derekan, Kecamatan Pringapus. Pemandian Air Panas ini sangat ramai dikunjungi dan buka 24 jam. 

60. Pemandian Air Panas Diwak

Tidak jauh dari Derekan, ada lagi Pemandian Air Panas Diwak yang berada di Desa Diwak, Kecamatan Bergas. Lokasinya mudah dijangkau dan berada dibelakang pabrik jamu Sido Muncul.

RELIGI


61. Sendang Nyatnyono

Berada di Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat. Wisata ini sangat populer bagi kalangan umat Islam. Sangat ramai dikunjungi pada hari libur baik dari Wisatawan Lokal maupum luar daerah Ungaran.

62. Goa Maria Kerep

Berada di Pereng, Kecamatan Ambarawa. Wisata ini selain populer oleh umat Kristiani, juga ramai dikunjungi oleh Wisatawan yang beragama non Kristen, menjadikan tempat ini sebagai bentuk kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Semarang.

63. Kelenteng Ho Tek Bio

Berada di Kranggan, Kecamatan Ambarawa. Tempat ini juga sering disinggahi oleh Wisatawan Lokal maupun dari luar daerah untuk sekedar mampir dan melihat arsitekturnya yang menawan. 

KOLAM


64. Pemandian Muncul

Kolam Pemandian Muncul merupakan Wisata umum dan banyak dikenal oleh banyak orang. Lokasi Wisata ini berada di Rowoboni, Kecamatan Banyubiru.

65. Argo Tirto Siwarak

Kolam Pemandian yang satu ini berada di Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat. Berada di dekat Wisata - Wisata lain dan tersembunyi dibalik teduhnya pepohonan membuat Wisata ini tenang dan nyaman.

66. Fountain Water Park

Kolam Pemandian ini berada di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat. Wisata ini dekat dengan jalan utama Ungaran - Boja dan mudah ditemukan karena papan penujuk yang sangat jelas. Wisata ini ramai dikunjungi oleh anak - anak dan para remaja pada sore hari.

67. Umbul Sidomukti

Kolam yang sangat spesial dengan tuk umbul yang bisa menyembur tinggi ini dapat anda temukan di Wisata Umbul Sidomukti, Kecamatan Bandungan. Selain ada Outbond, Souvenir, Resto, Pondok Kopi dan Goa, Wisata ini juga dilengkapi lapangan kecil untuk Yoga di pagi hari.

DESA WISATA


68. Desa Wisata Sepakung

Desa Wisata ini telah mampu menunjukan eksistensinya lewat beberapa ikon Wisatanya yakni Cemoro Sewu, Kali Kulon dan Air Terjun Goa Semar. Desa ini merupakan wilayah Kecamatan Banyubiru.



69. Desa Wisata Kemetul

Desa Wisata yang populer dengan Situs Bintang Jatuh ini juga telah ikut andil dalam gerakan Desa Wisata di Kabupaten Semarang, terbukti belum ada setahun Desa Wisata yang berada di Kecamatan Susukan ini telah mampu menarik Wisatawan Lokal dan Mancanegara. 

Nah gimana ?, yakin masih ingin keluar negeri kalau di Kabupaten Semarang saja, anda bisa menemukan Pesona Surga Wisata yang sangat lengkap.


Jangan lupa mampir di Kabupaten Semarang ya, Salam Lestari.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon