Tuesday, January 10, 2017

BENTENG VAN DER WIJCK - Tempat syuting The Raid 2

Selamat sore, salam Explore. Jumpa lagi di Blog Sederhana saya, terima kasih untuk para pembaca yang bersedia meluangkan waktu sejenak untuk sedikit mendapat Informasi Wisata di Indonesia. Nah kali ini saya akan berbagi informasi tentang perjalanan saya meng-Explore salah satu Wisata di Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah. Nah itu dia BENTENG VAN DER WIJCK.

Benteng Van Der Wijck Cover

Malam tahun baru kemarin saya harus bepergian ke rumah saudara saya di Kabupaten Kebumen, karena baru 2x kesana dan itupun waktu saya kecil, jadi seperti biasa saya menggunakan GPS di Maps Smartphone saya. Saya sampai di sana sekitar jam 22.00 dan karena hujan saya pun tidur sehingga melewatkan malam pergantian tahun. Paginya karena tidak ada kegiatan sambil cari signal internet, saya pergi ke arah Kota Kebumen, setelah menemukan signal saya buka Maps di Hp saya, lalu segera menelusuri Web dan mencari Daftar Wisata di Kabupaten Kebumen, begitu pula saya cari di Maps. Bagi anda yang ingin mencari daftar wisata menggunakan Maps dan mengikuti GPS, caranya mudah. Buka Maps, lalu ketik Wisata di menu pencarian, dan otomatis akan muncul titik - titik merah daftar wisata di dekat lokasi anda. Setelah mendapatkan tujuan saya segera berangkat.

Oke, GPS saya arahkan ke Benteng Van Der Wijck, tak lupa memasang Camera GoPro saya di Helm untuk dokumentasi nantinya. Saya sampai di Benteng Van Der Wijck, lalu parkir kendaraan dan membeli tiket masuk. Karena kali ini saya tidak bersama - sama dengan teman saya alias sendirian, terpaksa saya mengambil dokumentasi dari para wisatawan.

Sudut Benteng

Oh iya karena tahun baru, tanggal 1 Januari 2017 dan liburan terakhir, wisatawan yang datang sangatlah banyak dan ramai. Kebanyakan adalah Wisata Keluarga dan para anak - anak muda yang berpasang - pasangan ( saya sendiri aja hahaha ). Sedikit info tambahan tepat tanggal 1 Januari 2017 adalah ulang tahun Kabupaten Kebumen yang ke 81.

Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini terletak di 4 km utara Gombong, sekitar 35 km sebelah barat dari Ibukota kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, 18 km Barat Kota Karanganyar, atau 100 km dari Candi Borobudur, Magelang.

Di dalam Benteng

Nama benteng ini diambil dari Van Der Wijck, yang kemungkinan nama komandan pada saat itu. Nama benteng ini terpampang pada pintu sebelah kanan.

Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama Frans David Cochius (1787-1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya juga diabadikan menjadi nama Benteng Generaal Cochius. Benteng ini merupakan benteng persegi delapan satu-satunya di indonesia.

Tank

Benteng ini begitu mencolok dengan warna merah nya. Selain itu ukuranya juga luas, seperti ada lapangan di tengah - tengah benteng jika dilihat dari atas. Berikut data benteng Van Der Wijck :

• Luas Benteng atas 3606,625m2
  • Benteng bawah 3606,625 m2
  • Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.
  • Terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m.
  • Ketinggian: +132,7 s/d 135 mdpl.

Tangga Turun

Selain dari segi warna dan struktur bangunan nya, wisata Benteng Van Der Wijck juga mempunya keunikan lain, atap - atapnya sangat kuat sehingga kadang di pakai untuk berpijak dan foto - foto di samping cerobong. Selain itu anda juga akan menjajal wahana Kereta di atas Benteng Van Der Wijck yang membuat anda merasa kagum dengan desain Benteng serta pemandangan di sekitar benteng. Wisata ini umum dan untuk semua kalangan, ada berbagai wahana untuk bermain anak - anak termasuk Water Park, jadi jangan lupa bawa pakaian ganti untuk renang ya.

Benteng ini juga pernah dipakai untuk Syuting Film The RAID 2 : Berandal karya sutradara Gareth Evans yang Film nya sukses di kancah Internasional. Selain itu juga dipakai untuk pembuatan Video Clip " punya cinta " dari grup Band lengendaris Indonesia " Slank "

Bianglala
Untuk anda yang berencana liburan ke Kabupaten Kebumen, tempat ini harus anda kunjungi, apalagi jika anda penggeemar Selfie menggunakan Kamera Smartphone. Arsitektur bangunanya juga menarik untuk anda pecinta dunia fotografi, di dalam benteng juga unik bagi kalangan style Urban Explore ( urbex ) serta dari atas benteng anda akan bisa mengabadikan foto anda bersama luas benteng jika anda pengguna Action Cam dan 360 degree Cam.

Selfie

Akses Lokasi

1.) Dari arah Semarang - Magelang - Purworejo ambil arah Kebumen, setelah melewati Kota Kebumen ambil arah Gombong ke Jl. Nasional III ( jalan raya ) melewati Stasiun Karanganyar dan  belok kanan ke Jl. Kartini ( depan SMPN 2 Gombong ) dan ikuti jalan sampai Benteng Van Der Wijck.

2.) Dari arah Sragen - Solo, belok kiri di pertigaan Tugu Kartasura dan amabil arah ke Yogyakarta melewati perbatasan Klaten. Ambil arah Rigroad Utara Yogyakarta - Ringroad Barat - Wates dan sampai di Jl.KH. Wahid Hasyim ambil arah Purworejo - Kebumen lewat jalan pesisir selatan ( Jl. Daendels ) - ( Jl. Ambal - Kembaran ). Lalu belok kanan ke arah utara ( Perempatan Segitiga ) menuju Jl. Laut Munggu - Jl. Petanahan - Karanganyar. Ketika sampai di jalan raya utama ( Jl. Nasional III ), ambil arah Gombong melewati Stasiun Karanganyar dan  belok kanan ke Jl. Kartini ( depan SMPN 2 Gombong ) dan ikuti jalan sampai Benteng Van Der Wijck.

3.) Dari arah Temanggung - Wonosobo - Banjarnegara. Setelah melewati Kota Banjarnegara ikuti jalan raya utama ( Jl. Jenderal Gatot Subroto ) lalu belok kiri ke selatan ( Jl. Raya Belimbing ) dan ikuti jalan ke arah Gombong melewati Waduk Sempor. Dari Jl. Sempor belok kiri ke arah timur ( Jl. Bejiruyung ) - ( Jl. Sapta Marga ) dan sampai di Benteng Van Der Wijck.

4.) Dari arah Bandung - Tasikmalaya ikuti jalan raya utama menuju Gombong. Melewati sungai Serayu, menuju jalan raya ( Jl. Nasional III ) - Pasar Wonokriyo Gombong  - Jl, Yos Sudarso lalu belok kiri ke utara menuju Benteng Van Der Wijck melewati Jl. Dewi Satika dan Jl. Secata.

Nah demikian sharing dari saya, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk anda dan kita semua. Jangan lupa Comment, Share dan Subscribe ya, karena feedback dari kalian adalah dorongan semangat buat saya untuk selalu menuliskan Informasi berkualitas di Blog Sederhana ini. Terima kasih telah membaca sampai akhir. Hehe ada bonus video dokumentasi saya.

Informasi

• Nama : Benteng Van Der Wijck.
  • Lokasi : Jalan Sapta Marga Gombong, Sidayu, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Jam Buka : Pukul 08.00 - 17.00
  • Telepon :0896-7355-2641
  • HTM : Rp.25000 hari libur + Rp. 3000 ( parkir motor )
  • Maps Keyword : Benteng Van Der Wijck

Berikut Video perjalanan saya di Benteng ini.