Monday, March 6, 2017

Berwisata di SUROTELENG GAYENG, Selo, Kabupaten Boyolali

Halo, apa kabar ?, salam Smartphonegraphers. Udah jalan - jalan kemana aja nih pake Smartphone nya ?, jangan bosan dan tetap explore ya.


SUROTELENG cover

Nah sobat Smartphonegraphers, kali ini saya akan berbagi Informasi tentang SUROTELENG GAYENG - Gardu Pandang melihat Indahnya Merbabu. Nah Suroteleng ini tempat apa sih ?, dan kayak apa ?, oke yuuuuk baca.


Suroteleng Gayeng adalah salah satu wisata di kawasan Selo (sebuah kawasan padat penduduk di tengah - tengah gunung Merapi dan Merbabu), tepatnya berada di Dusun Rogobelah, Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata ini termasuk wisata alam yang benar benar indah, selain sejuk karena berada di ketinggian, pemandangan yang anda dapatkan disini benar - benar sangat mengagumkan. Pohon - pohon dan tanaman petani di pegunungan yang hijau, kabut yang kadang datang dengan hawa sejuknya, berbagai spot pemandangan di atas pohon yang dibuat unik, dan gunung merbabu yang tampak dekat di depan anda.

Bagi anda yang belum paham rute kesini, bisa menggunakan Smartphone anda untuk membuka GPS, lokasi sudah di tandai di peta. Dari tempat tiket masuk, anda akan benar - benar tertantang dengan jalan yang menanjak, sesekali bertemu para pemetik sayur yang ramah.

Setelah anda sampai, disitu akan ada papan petunjuk yakni :

1.Bukit Batur
2.Bukit Bintang
3.Bukit Mantuk


mantap jiwa

Lokasi Bukit Batur berada di sebelah kiri bukit bintang. Di Bukit Batur kita bisa memandang Gunung Merbabu dari atas pohon yang disediakan, juga ada beberapa properti dari kayu yang bisa dipakai untuk berfoto. Terkadang akan kita temui pohon berpapan dengan tulisan KKN PPM UGM Unit JTG-37, saat saya tanyakan ke pengurus wisata dulunya Wisata ini adalah Kerjasama antara Karang Taruna Dukuh Rogobelah dan Suroteleng Kulon dengan KKN PPM UGM Unit JTG-37

berdua di bukit bintang

Bukit Bintang sendiri berada paling dekat dari jalan masuk utama, jalan nya sedikit naik dan melewati kebun sayur dan cabe. Bukit Bintang adalah Gardu Pandang dari Pohon yang bagian atasnya ada semacam papan kayu yang dirangkai berbentuk bintang. Dari sini kita bisa melihat Gunung Merbabu lebih dekat.
bukit yang indah

Bukit Mantuk agak jauh dan sedikit berjalan lebih lama namun view nya sangat bagus karena dari Bukit Mantuk kita bisa melihat Gunung Merbabu tanpa ada penghalang pohon - pohon lainya. Saat melihat kesamping kiri akan terlihat Kawasan New Selo dan Oemah Bamboo.

Akses Lokasi



  1. Dari arah Solo - Boyolali. Sampai di Simpang Lima Boyolali ambil arah Selo (Jl. Merapi) sampai ke Jalan Boyolali Magelang. Ikuti jalan lalu belok kiri dan naik tepat di depan Pasar Cepogo, ikuti jalan sampai Desa Suroteleng.
  2. Dari arah Semarang - Salatiga. Ikuti jalan raya Solo - Semarang, melewati Pasar Ampel lalu setelah Jembatan belok kanan ambil arah Cepogo sampai jalan Boyolali - Magelang belok kiri melewati Pasar Cepogo, lalu belok kanan jalan pertama dan ikuti jalan sampai ke Desa Suroteleng.
  3. Dari arah Yogyakarta - Muntilan, belok kanan ke arah Jl. Talun menuju Jalan utama Boyolali - Magelang. Lalu belok kanan ikuti jalan sampai Pasar Selo dan belok kanan lagi menuju Desa Suroteleng.


Informasi


  • Nama : Suroteleng Gayeng
  • Lokasi : Dusun Rogobelah, Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali
  • HTM : Rp.10.000 (per motor)
  • Maps Keyword : Bukit Batur


Berikut Video Dokumentasi Wisata Suroteleng Gayeng. Salam Explore



EmoticonEmoticon