Thursday, March 16, 2017

KI SURIPTO - MAESTRO GAMELAN SUMOGAWE

Selamat pagi, apa kabar sobat sobat Smartphonegraphers. Kali ini Mimin mau bagi - bagi info nih bagi kalian penggemar dan pencari foto portrait. Minggu lalu mimin hunting foto di Kabupaten Semarang, salah seorang pengrajin Gamelan Jawa yang bernama Ki Suripto.

ki suripto cover

Siang itu setelah dari Rawapening Sumurup bersama dengan teman saya, Saut, Winda dan Udi, kami berempat menuju Getasan - Kabupaten Semarang.

Berbekal sedikit informasi dari teman, kami berempat menuju Getasan via Jalan  Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, dan naik melewati Salib Putih menuju Getasan. Tidak begitu jauh dari JLS, dan warga setempat juga sudah mengenal Ki Suripto, sehingga tak perlu kawatir tersesat.

@d_hutahaean

Berlokasi di RT. 5 / RW 2, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Rumah Ki Suripto berada di pinggir jalan setelah SD Sumogawe.

Rumahnya ada papan petunjuk bertuliskan Ki Suripto, lengkap dengan alamatnya. Beliau sudah sangat tua, berumur kurang lebih 90 tahunan, sehingga kami harus berbicara agak keras agar beliau mendengar.

Walau umur sudah tua, beliau masih tetap berkarya, terbukti lewat Gamelan - gamelan yang dibuatnya.

@udialism

Hasil karyanya diperjual belikan di sekitar Kabupaten Jawa Tengah, namun ada juga yang sampai di luar Pulau Jawa. Beliau memang membuat Gamelan Slendro dan Pelog, untuk membelinya boleh satu set lengkap atau sesuai permintaan. Dari alat - alat yang bisa dibilang sangat sederhana, beliau bisa menciptakan Karya luar biasa yang saat ini semakin dilupakan oleh anak - anak muda. Beberapa hasil karyanya berupa Kendang, Demung, Saron, Gambang dan sebagainya.

Saat kami ajak bicara, beliau memang sangat periang dan selalu tersenyum, terkadang beliau ceritakan masa mudanya dulu ketika memulai usahanya ini tahun 1939.

@Windalscape

Sambil beliau bercerita kami juga mengambil beberapa foto. Sekitar 45 menit, semenjak kami datang, memberitahu alasan kami datang, hingga beliau ganti baju untuk pemotretan dan akhirnya setelah selesai kami pulang dan tak lupa memberi sedikit imbalan.

Bagi yang mau datang kesini berombongan silahkan tanya dulu sebelum memotret berapa imbalan / jasa yang dikeluarkan rombongan untuk memotret beliau. Bukan masalah bayarnya sih, tapi begitu rombongan datang secara tidak sengaja berarti menghentikan sementara pekerjaaan beliau untuk membuat Gamelan, ganti baju dan sebagainya. Jadi biar sama sama nyaman saja. Hehe, jangan lupa mampir.

Selain foto - foto teman saya @d_hutahaean, @udialism dan @Windalscape yang menggunakan Camera DSLR, foto diatas adalah foto saya menggunakan HP / Smartphone yang saya ambil menggunakan Aplikasi Lightroom Camera. Silahkan baca Cara Foto Portrait menggunakan Lightroom Camera bagi teman - teman yang suka foto menggunakan HP. Nah bagi kalian yang tertarik untuk Hunting Foto Portrait, lokasi ini merupakan tujuan yang tepat. Sampai jumpa dan salam Smartphonegraphers


EmoticonEmoticon