Saturday, March 18, 2017

BELAJAR FOTO COLORSPLASH

Apa itu Colorsplash ?. Colorsplash secara sederhana adalah style foto dimana ada unsur Hitam, Putih dan Warna yang bertujuan untuk menonjolkan warna tersebut dari yang lain. Yang berwarna dan ditonjolkan bisa saja benda atau objek yang dijadikan foreground, dan yang dijadikan hitam putih adalah background nya.


BELAJAR FOTO COLORSPLASH cover

Namun dalam perkembanganya hal itu bisa dibolak - balik. Tidak ada aturan Background / Foreground nya harus selalu ditojolkan. Intinya hanyalah foto hitam putih yang ada 1 atau dua warna yang kelihatan beda dari yang lain. Berikut saya berikan contoh foto - foto Colorsplash dari teman - teman Instagram yang sudah mendapatkan persetujuan dari pemilik gambar untuk saya jadikan contoh dan semoga menginspirasi.

1. Sketch Colorsplash

Sketch Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkanya dengan konsep seni sket sehingga menghasilkan foto sketsa hitam putih dengan objek berwarna yang di tonjolkan tanpa sket. Contoh foto dibawah adalah karya Owner Colorsplash_Indonesia, sebut saja Pak Cam @dirgazilla.


@dirgaziLLa

2. Puzzle Colorsplash

Puzzle Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkanya dengan konsep Puzzle, sehingga dalam foto tersebut seakan terpisah menjadi potongan - potongan. Contoh foto dibawah adalah karya @uncle_gemboel.


@uncLe_gemboeL

3. Toys Colorsplash

Toys Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkanya dengan objek mainan, biasanya dengan mainan yang kecil. Contoh foto dibawah adalah karya @noname_haka.


@noname_haka

4. Vintage Colorsplash

Vintage Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkanya dengan benda - benda jadul, serta warna hitam - putihnya sedikit dibuat sepia / kekuning - kuningan. Contoh foto dibawah adalah karya @c4212.

@c4212.

5. Portrait Colorsplash

Portrait Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkanya dengan foto Portrait / wajah sehingga warna akan menonjol pada foto Portrait tersebut. Contoh foto dibawah adalah karya @endras_ekaputri dari foto asli @kakaarni.

@endras_ekaputri

6. Minimal Colorsplash

Minimal Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkanya dengan foto Minimal. Karena mengusung konsep minimal jadi dalam foto harus benar - benar simpel dan harus pandai meletakkan warna yang akan ditonjolkan seminim mungkin. Contoh foto dibawah adalah karya @mayum2chigo.


@mayum2chigo

7. Edit Colorsplash

Edit Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan mengabungkan dan mengeditnya dengan style Fantasy, Abstrak, Surreal atau Double Exposure. Contoh foto dibawah adalah foto DE karya kolaborasi Owner Colorsplash_class, sebut saja om Joe @Joecenski dan @Hanigoldseries.


@joecenski

Dan dibawah ini adalah foto karya kak Lisa @msiceismine, foto konsep edit dengan sentuhan minimalis dan colorfull splash yang elegan. Foto jenis ini harus memikirkan bagaimana foto itu di edit dulu baru melakukan splashing.


@msiceismine


8. Dark Colorsplash

Dark Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan meningkatkan dan mempertajam visual foto dengan filter gelap. Contoh foto dibawah adalah  karya @hakimwendi3.


@hakimwendi3

9. Macro Colorsplash

Macro Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkan foto macro dengan splashing. Entah itu objek nya atau tumbuhan nya yang dionjolkan warnanya. Foto Macro splash yang paling sering digunakan adalah Kupu - kupu, Embun dan Capung. Contoh foto dibawah adalah karya @dhip_story24.


@dhip_story24

10. Street Colorsplash

Street Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkan foto Street dengan splashing. Foto street sendiri sebenarnya mudah kita temukan, sayang tidak semua orang paham dari foto Street tersebut kecuali pemilik foto dan beberapa orang sehobi. Style ini bisa dikatakan mudah namun cukup sulit untuk menentukan warna menonjol dari foto. Contoh foto dibawah adalah karya @Ariedwiutomo.


@ariedwiutomo

11. HDR Colorsplash

HDR (high dynamic range) Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkan foto HDR dengan splashing, sehingga sebelumnya foto harus di HDR dulu. Beberapa foto yang menarik untuk dibuat HDR adalah foto Arsitektur bangunan dan benda -  benda yang terbuat dari logam. Contoh foto dibawah adalah karya Owner Splash_addiction, Chara @p_chara.


@_chara

12. Bnw Colorsplash

Bnw Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menekankan foto hitam putih dengan kontras tinggi dan menonjolkan sedikit saja warna dengan saturasi tinggi. Selain itu foto juga harus detail. Contoh foto dibawah adalah karya @Diabolic83.


@Diabolic83.

13. Nightshot Colorsplash

Nightshot Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkan foto malam dengan splashing. Entah itu foto Ligh Trail atau Light Painting. Contoh foto dibawah adalah karya @rntubo1202.


@rntubo1202.

14. Landscape Colorsplash

Landscape Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan menggabungkan foto Landscape dengan splashing. Hal yang paling sering dalam style ini adalah langit sebagai objek yang berwarna. Contoh foto dibawah adalah karya admin Splash_greece @Giannis____.


@giannis____

15. Colorfull Colorsplash

Colorfull Colorsplash adalah foto colorsplash dengan banyak warna yang ditonjolkan dari sebuah foto, dan hitam putih nya cenderung lebih sedikit.  Contoh foto dibawah adalah karya @dede.taufik 


@dede.taufik

16. Gold Colorsplash

Gold Colorsplash adalah pengembangan Colorsplash yakni dengan merubah dan meningkatkan Warm foto hingga berwarna kuning - jingga - emas. Tidak harus logam, bahkan kayu pun bisa. Contoh foto  dibawah adalah karya kolaborasi @Joecenski & @jumadijelek88.


@jumadijelek88.

17.  Nature Colorsplash

Nature Colorsplash adalah foto Colorsplash dengan foto asli Alam. Foto style ini bisa menggunakan foreground / background sebagai warna utama dan lebih mencari nuansa alam pada foto. Contoh foto  dibawah adalah karya Instagramer Indo yang melalang buana ke mancanegara dan jadi moderator beberapa hub Splash luar negeri, Om Robby @robby_her1


@robby_he1

Nah sudah sedikit terinspirasi dari foto - foto diatas, silahkan mengembangkan sendiri ya. Oh iya mimin lagi nyoba buat Typography Colorsplash, di tunggu ya udpate nya. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaat. Baca juga cara sederhana membuat foto Colorsplash.



EmoticonEmoticon