Monday, April 10, 2017

Bantir Hills Sumowono - Wisata Alam di kaki Gunung Ungaran

Bantir Hills adalah Destinasi Wisata baru di Kabupaten Semarang yang berada di perbukitan kaki Gunung Ungaran. Walau tergolong masih baru, wisata ini sudah sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan, apalagi Wisata ini satu rute dengan 3 Wisata Curug atau Air Terjun di Kecamatan Sumowono. Lokasi Wisata ini berada di Dusun Bantir, Desa Losari,  Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Bantir Hills Cover

Wisata ini berada di bukit sehingga ketika anda melewati kawasan Barak Militer Bantir dan ada melihat ke arah bukit, maka akan terlihat tulisan Bantir Hills yang mirip tulisan Hollywood..... hehe dan setelah ada maju sekitar 200 meter lagi akan ada petunjuk dan masuk ke jalan wisata ini.

Dari jalan masuk, tiket dan lokasi parkir, anda harus berjalan sekitar 350 meter melewati kebun sayur yang hijau dan udara yang sejuk hingga sampai di Gerbang Bantir Hills.

Dari Gerbang Bantir Hills, sepanjang jalan sudah disiapkan spot - spot unik untuk mengabadikan momen anda dalam foto. Setelah memasuki area hutan pohon - pohon pinus, disana ada banyak tempat istirahat yang siap memanjakan dan melindungi anda dari panas mentari dan juga ada para penjual minuman dan gorengan jika anda haus dan lapar. Anda bisa mengisi tenaga disini dulu hehe, sebelum lanjut naik ke Bukit Bantir.

Sepanjang jalan di area hutan pinus, ada beberapa gardu pandang di atas pohon yang siap membantu anda melihat luasnya kecamatan sumowono dari perbukitan.

Lalu di Bukit Bantir, ada tulisan Bantir Hills yang mantap untuk dijadikan spot foto dan paling ramai untuk foto. Didepan tulisan tersebut terdapat spot foto yang sangat unik, menghadap luasnya pemandangan yang eksotik dan ditambah keunikan spot foto yang berbentuk bunga, mantap abis.

Disamping tulisan Bantir Hills juga ada satu batu besar yang unik, yang dari atasnya, anda bisa menyaksikan kecamatan sumowono dari ketinggian. Dibelakang tulisan Bantir Hills adalah tempat sejuk yang bisa anda gunakan untuk bersantai, membuat tenda maupun tiduran di atas Hammock.

Tertarik untuk kesini tapi masih bingung lokasi tepatnya ?.. jangan cemas, simak rute berikut ya.

Akses Lokasi
  1. Dari arah Solo - Boyolali - Salatiga via Ambarawa, ambil arah Bandungan. Ikuti jalan sampai Sumowono melewati Pom Bensin Bandungan (depan gerbang masuk gedong songo). Ketika sampai terminal Sumowono (pertigaan), lurus dan ikuti jalan ke arah Kendal. Sampai di kawasan Barak Militer Bantir di sebelah kiri jalan, anda lurus saja sekitar 350 meter, lalu anda belok kanan dan sampai di Bantir Hills.
  2. Dari arah Kudus - Demak - Semarang via Ungaran, ikuti jalan menuju Ungaran - Pasar Babadan - Karoseri Laksana. Setelahnya anda akan melewati SPBU Lemahbang, dan anda harus naik ke arah Bandungan tepat di depan SPBU tsb, namun karena tak ada jalan belok jadi dari SPBU tadi silahkan minggir dan nyalakan lampu turn ke kanan, setelah naik akan ada jalan putar balik, sehingga bisa minggir ke kiri dan naik ke arah Bandungan melewati Jimbaran. Ikuti jalan sampai Sumowono melewati Pom Bensin Bandungan (depan gerbang masuk gedong songo). Ketika sampai terminal Sumowono (pertigaan), lurus dan ikuti jalan ke arah Kendal. Sampai di kawasan Barak Militer Bantir di sebelah kiri jalan, anda lurus saja sekitar 350 meter, lalu anda belok kanan dan sampai di Bantir Hills.
  3. Dari arah Wonosobo - Temanggung, dari parakan ambil arah Kabupaten Semarang sampai Sumowono. Setelah sampai di pertigaan terminal sumowono belok kiri ambil arah kendal. Sampai di kawasan Barak Militer Bantir di sebelah kiri jalan, anda lurus saja sekitar 350 meter, lalu anda belok kanan dan sampai di Bantir Hills.
  4. Dari arah Kendal, ambil arah ke Sumowono, setelah melewati Wisata Curug Klenting Kuning, maju sedikit belok kiri menuju wisata Bantir Hills.
Informasi

• Nama : Bantir Hills
  • Lokasi : Dsn. Bantir, Ds. Losari, Kec. Sumowono, Kab. Semarang, Prov. Jateng.
  • HTM : Rp.5000 + Rp.2000 (parkir motor)
  • Maps Keyword : Bantir Hills

Untuk yang penasaran seperti apa Wisata Bantir Hills, silahkan tonton video berikut, sampai jumpa di explore berikutnya dan salam Smartphonegraphers.