Friday, April 21, 2017

Hutan Mangrove Morosari - Sayung ( Makam Syekh Abdullah Mudzakir )

Selamat siang, apa kabar ?. Salam Explore yaaa. Kali ini mimin mau berbagi perjalanan mimin di salah satu Wisata Mangrove di Kabupaten Demak, tepatnya di Kecamatan Sayung. Wisata ini juga menjadi tempat ziarah ke Makam Syekh Abdullah Mudzakir.

Demak Mangrove Cover

Belum lama ini saya explore lagi, setelah setahun yang lalu saya mampir disini. Sekarang tempat ini sudah sangat ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun para peziarah.

Kebanyakan yang datang ke Hutan Mangrove Morosari ini adalah para peziarah yang datang dari luar kota maupun dari luar Jawa. Peziarah lokal dari Kudus, Semarang dan terjauh dari Jatim dan Jakarta. Sedangkan yang dari luar Pulau Jawa berasal dari Pulau Sumatera.

WISATAWAN

Untuk para wisatawan yang datang kesini bisa masuk dengan sepeda motor dan parkir ke area Mangrove dengan melewati jalan kecil ditengah laut yang sangat unik, namun lebih diutamakan untuk parkir dan menitipkan sepeda motornya tepat sebelum jalan kecil ditengah laut karena area parkir di Taman Mangrove kecilndan juga untuk memperlanjar perjalanan para peziarah yang datang.


Patuhi aturan

Untuk Wisatawan diperbolehkan Foto - Foto menggunakan kamera HP, namun harus izin terlebih dahulu bila menggunakan kamera DSLR. Area foto dibatasi sampai jalan masuk sebelum jembatan Makam, jadi hanya area Mangrove, karena area menuju makam adalah area untuk para peziarah yang datang dengan niat beribadah, selain itu juga jembatan menuju makam tidak terlalu kuat untuk menahan bobot para wisatawan jika berhenti ditengah - tengah untuk berfoto. Yang pasti patuhilah aturan yang ada disini dan jangan dilanggar.

Selain itu di Taman Mangrove ini, kita tidak boleh bergandengan tangan bagi yang non muhrim, karena disini adalah area Islami dan religi. Dilarang duduk di atas pegangan jembatan kayu mangrove karena mudah rapuh.

PEZIARAH

Untuk peziarah yang datang kesini untuk mengunjungi makam terapung Syekh Abdullah Mudzakir, bisa berjalan kaki menyusuri jalan kecil ditengah laut yang unik sambil menikmati pemandangan alam, bisa juga naik ojek yang disediakan oleh pihak pengurus.
Makam Syekh Abdullah Mudzakir terpisah dari Area Mangrove, harus melalui jembatan kecil di atas laut. Makam ini bisa dikatakan terapung karena memang berada di tengah laut dan dikelilingi air laut.


Mangrove demak

Wisata ini memang lebih mengutamakan para wisatawan religi yang datang berziarah, namun juga memperbolehkan wisatawan yang datang untuk berkunjung ke Hutan Mangrove.

TAMAN RESERVASI MANGROVE

Selain itu, baik wisatawan maupun peziarah bisa menyewa perahu untuk berkeliling menuju Taman Reservasi Hutan Mangrove yang terletak agak jauh dari Hutan Mangrove disini. Untuk Taman Reservasi Hutan Mangrove, disana lebih luas dan banyak mahkluk hidup seperti burung - burung.

DUSUN TENGGELAM

Area Mangrove dan Makam Syekh Abdullah Mudzakir ini dulunya adalah sebuah Dusun bernama Tambaksari yang tenggelam terkena abrasi. Dusun Tambaksari dulunya ditinggali sekitar 65 Kepala Keluarga, namun sejak terkena abrasi Warga diungsikan ke Dusun terdekat. Kini hanya ada 7 Kepala Keluarga yang tinggal di Hutan Mangrove ini untuk menjaga dan melestarikan tempat ini serta melayani peziarah yang datang.

AKSES LOKASI

  1. Dari arah Pekalongan - Kendal - Semarang via Jalur Pantura, ikuti jalan jalur pantura, setelah melewati Gerbang Kabupaten Demak, maju lagi hingga melewati Polsek Sayung di sebelah utara kemudian belok kiri sekitar 75 meter dari Polsek Sayung tepat sebelum jembatan. Setelah masuk, ikuti jalan sampai bertemu perempatan (Jl. Tonosari) lalu ambil kanan, melewati jalan tanah. Dari sini sudah ada papan petunjuk ke lokasi hingga nantinya anda belok kiri menuju Lokasi Wisata.
  2. Dari arah Rembang - Pati - Kudus via Jalur Pantura, ikuti jalur pantura,melewati Gerbang Kabupaten Demak. Dari sini anda masih sangat jauh, saya sarankan lewat Jalur Lingkar Demak untuk menhindari macet. Setelah sampai di Pasar Sayung (berhadapan dengan Kantor Pos Sayung) maju sedikit lagi hingga melewati jembatan dan minggir ke kanan untuk putar balik. Setelah putar balik, belok kiri sebelum jembatan. Setelah masuk, ikuti jalan sampai bertemu perempatan (Jl. Tonosari) lalu ambil kanan, melewati jalan tanah. Dari sini sudah ada papan petunjuk ke lokasi hingga nantinya anda belok kiri menuju Lokasi Wisata.


INFORMASI


  • Nama : Hutan Mangrove Morosari & Makam Syekh Abdullah Mudzakir.
  • Alamat : Dusun Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.
  • HTM : Rp.2000 (parkir dan masuk)
  • Maps Keyword :Taman Mangrove Morosari Demak. Makam Mbah Mudzakir

Untuk kalian yang tertarik kesini, silahkan datang dan patuhi aturan yang ada. Jangan buang sampah sembarangan dan mari kita lestarikan tempat ini dengan mengunjungi, menjaga dan membagikanya.


Lavender

Bagi Sobat Smartphonegraphers yang tertarik untuk membuat foto seperti diatas silahkan baca Cara Membuat Foto berwarna Lavender.
Jangan lupa lihat video Wisata ini ya, terima kasih dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon