Saturday, May 13, 2017

Air Terjun Gedong di Lereng Merbabu

Selamat Pagi, apa kabar sobat Smartphonegraphers. Masih di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Ini dia Air Terjun Gedong.

air terjun gedong

Berada di ketinggian kurang lebih 1700 Mdpl di Gunung Merbabu, sebuah Air Terjun yang belum diberi nama resmi dengan airnya yang seperti es dan kabut nya yang kadang menambah sensasi dingin nya. Di sebuah Dusun bernama Gedong yang juga tempat wisata baru dengan Gardu Pandang baru bernama Gedong Pass, disinilah surga tersembunyi Air Terjun cantik ini berada.
Ya, Air Terjun Gedong, sesuai nama Dusun nya. Air terjun yang terletak di Gunung Merbabu ini agak jauh dari rumah warga, sekitar 30 menit dengan jalan naik serasa mendaki gunung, berhiaskan rerumputan dan menyusuri bukit, sampailah di Air Terjun ini.
Ditemani Mas Giono, salah satu Guide dari Dusun Gedong, saya berangkat menuju lokasi. Benar - benar ekstrim disebelah jurang, dan bikin ngos - ngosan nafas haha. Untuk menuju Air Terjun ini saya harus berjalan agak jauh.

air terjun gedong - 1
Setelah naik bukit dan turun bukit, lalu melewati jembatan kayu di atas sungai, sampailah di Air Terjun Gedong. Air terjun ini adalah 1 dari Air Terjun yang ditemukan penduduk setempat dan merupakan Air Terjun terbawah.
Sekitar 45 menit saya di air terjun yang seperti es airnya, saya akhirnya kembali ke Dusun Gedong, karena kabut semakin naik dan tebal, lalu mendung dan gerimis. Mungkin lain waktu saya harus kesini untuk ke dua Air Terjun lain nya.

air terjun gedong - 2
Bagi kalian yang mau ke Wisata ini, jangan lupa bawa Guide di Dusun Gedong ya, karena rute dan pembuatan jalan ke lokasi air terjun sedang dibangun. Cukup menghubungi Guide dan membayar biaya Guide per rombongan, anda akan diantar ke lokasi Air Terjun Gedong. Di peta Google Maps sebenarnya sudah ada titik lokasi Air Terjun, namun saya belum bisa memastikan benar atau tidak nya titik geocode tersebut, karena saat di air terjun batre saya mau habis. Sehingga untuk anda yang menggunakan GPS untuk sementara silahkan ikuti Keyword Gedong Pass (G-Pass).

Akses Lokasi

1. Dari arah Solo - Boyolali, ikuti jalan Solo - Semarang arah Salatiga, setelah sampai di pertigaan Patemon setelah Polsek Tengaran, belok kiri dan ikuti jalan sampai Jl.Pertapaan Gedono. Kemudian belok kiri melewati Pasar Kembangarum dan naik terus sampai Dusun Gedong.
  2. Dari arah Salatiga, Ikuti jalan ke Kopeng via JLS (Jalan Lingkar Salatiga), setelah sampai di perempatan Koramil Getasan, naik terus, setelah ketemu pertigaan lurus saja menuju dusun ngelo - ngaduman, hingga sampai Dusun Gedong.
  3. Dari arah Semarang, Ikuti jalan Solo - Semarang arah JLS (Jalan Lingkar Salatiga), kemudian belok kanan dan putar balik lalu naik melewati Salib Putih menuju Getasan. Setelah sampai di perempatan Koramil Getasan, naik terus, setelah ketemu pertigaan lurus saja menuju dusun ngelo - ngaduman, hingga sampai Dusun Gedong.
  4. Dari arah Magelang, Ikuti jalan Magelang - Salatiga. Setelah melewati Wisata Kopeng, mau dan turun sedikit lagi hingga melewati Indomaret, kemudian belok kanan melewati Kopeng Treetop. Setelah ketemu pertigaan ke 2, belok kanan dan ikuti jalan sampai Dusun Gedong.

Informasi

• Nama : Air Terjun Gedong
  • Lokasi : Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • HTM : Guide
  • Maps Keyword : Curug Gedong

Nah sekian informasi dari saya, jangan lupa Comment, Share dan Subscribe ya. Sampai jumpa lagi di Explore selanjutnya ya. Salam Lestari.