Saturday, May 13, 2017

Foto diatas awan Gedong Pass, Tajuk, Getasan

Selamat pagi, apa kabar sobat Smartphonegraphers ?, semoga selalu baik - baik saja ya. Masih setia dengan Smartphone kalian kan hehe. Nah kali ini saya mau berbagi informasi tentang Wisata Baru di Kabupaten Semarang, namanya adalah Gedong Pass.


G-Pass
 
Pagi hari sekitar jam 7 pagi saya berangkat untuk explore ke Gedong Pass berdasarkan informasi dari salah satu teman saya, karena belum pernah kesana dan saya pikir tempat ini belum dimasukkan ke Google Maps, jadi saya langsung meluncur saja kesana dan tanya - tanya orang. Perjalanan lewat JLS (Jalan Lingkar Salatiga) kemudian belok kanan dan putar balik menuju arah Getasan. Dari salib putih terus naik hingga Sumogawe. Lalu sampailah di perempatan Koramil Getasan, dari situ bila saya kekanan arah Kopeng, kiri arah Goa Maria. Nah jadi saya lurus saja melewati jalan aspal yang sedikit terjal melewati pedesaan. 

Warga yang ramah
Jalan naik berkelok yang lumayan menantang dan sampailah di pertigaan dengan papan petunjuk, namun di papan petunjuk itu tidak ada tulisan Dusun Gedong maupun Desa Tajuk. Hmm cuma ada pilihan lurus dan belok kiri, lalu saya putuskan lurus saja dan bertanya pada warga, dari petunjuk warga setempat saya akhirnya lanjut lagi lurus. Dan karena melewati banyak dusun dan jalan nya memang belok - belok dengan beberapa pertigaan, saya bertanya lagi ke bapak - bapak yang sedang mencangkul, ibu - ibu yang sedang memetik sayur dan ibu - ibu yang sedang berada didepan rumah. Namun dari semua orang yang saya tanyai ada satu hal yang berkesan, yakni penduduk di lereng Gunung Merbabu ini memang sangat ramah tamah terhadap saya. Nah buat kalian mau kesini jangan malu bertanya ya.

Pohon Pinus Merah
Sampailah di sebuah jalan beton dengan pohon - pohon pinus berwarna merah yang begitu menawan, dengan hiasan kabut tipisnya. Saya ingin berhenti dan berfoto disini, namun karena jalannya naik, saya tetap melanjutkan perjalanan saya, hmm mungkin lain waktu saya harus menyempatkan kesini lagi.

Bensin dan Motor
Nah sepanjang perjalanan saya, yang saya pikirkan adalah Motor saya yang berjalan pelan seperti tidak kuat untuk naik hehe, ditambah bensin yang mulai menipis. Sehingga saya sarankan untuk anda yang kesini dengan sepeda motor dan boncengan, jangan lupa servis motor dulu ya, daripada acara kalian kesini sama dia (dia siapa haha) gagal ditengah jalan. Lalu jangan lupa beli bensin dulu sebelum naik di perempatan Koramil Getasan. Lalu rem juga harus pakem ya.

Gardu Pandang di atas awan
Akhirnya, sampai juga saya di Dusun Gedong, dungin sekali cuacanya. Saya sampai di rumah salah satu warga yang masih menggunakan pintu model jawa dulu, tak lupa foto dulu. Lalu saya parkirkan motor dan segera ke lokasi Wisata.
Gedong Pass
Wisata Gedong Pass atau disebut G-Pass berada di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Berada di ketinggian sekitar 1500 Mdpl, menjadikan dusun ini kadang kala diselimuti kabut. Dusun ini begitu asri dengan hijaunya sayuran dan pemandangan yang menakjubkan. Gedong pass yang belum lama dibangun ini juga sedang ramai dibicarakan dan banyak yang menuju kesini. Dengan Gardu Pandang bertingkat 3, kalian akan melihat pemandangan pedesaan yang berjajar di bawah gunung. Birunya langit dan kabut yang naik terkadang membuat pemandangan lebih indah karena disaat Cuaca dingin, anda malah melihat dibawah sana panas, hal ini membuat anda serasa diatas awan dan jangan lupa abadikan momen dengan kamera.
Mayoritas penduduk Dusun Gedong adalah Nasrani, namun mereka sangat ramah dan terbuka untuk siapapun tanpa membedakan agama, hal ini yang sangat saya sukai dari penduduk setempat. 
Gedong Pass lagi

Bagi kalian yang mungkin datang kesini waktu Dhuhur, anda tak perlu kawatir, karena akan disediakan tempat ibadah kecil yang membuat anda santai berwisata tanpa melupakan ibadah. Bagaimana kalau lapar ?, nah disini juga ada Warung yang siap menyuguhkan anda Kopi panas disaat cuaca sedang begitu dinginya, ada pula mie goreng maupun rebus. Satu lagi, ada Wifi juga lho, wahhh mantapp kan hehe.
Nah bagi kalian yang mencari tempat liburan di santai serasa diatas awan, disinilah jawaban nya, karena Dusun Gedong merupakan Dusun tertinggi di lereng Merbabu, berurutan dengan Thekelan dan Cuntel. Dusun ini ditinggali dekitar 50 Kepala Keluarga yang mata pencaharianya adalah Ladang Sayuran seperti Kol dan Brokoli, ternak sapi, dan mencari kayu bakar.

Akses Lokasi

  1. Dari arah Solo - Boyolali, ikuti jalan Solo - Semarang arah Salatiga, setelah sampai di pertigaan Patemon setelah Polsek Tengaran, belok kiri dan ikuti jalan sampai Jl.Pertapaan Gedono. Kemudian belok kiri melewati Pasar Kembangarum dan naik terus sampai Dusun Gedong.
  2. Dari arah Salatiga, Ikuti jalan ke Kopeng via JLS (Jalan Lingkar Salatiga), setelah sampai di perempatan Koramil Getasan, naik terus, setelah ketemu pertigaan lurus saja menuju dusun ngelo - ngaduman, hingga sampai Dusun Gedong.
  3. Dari arah Semarang, Ikuti jalan Solo - Semarang arah JLS (Jalan Lingkar Salatiga), kemudian belok kanan dan putar balik lalu naik melewati Salib Putih menuju Getasan. Setelah sampai di perempatan Koramil Getasan, naik terus, setelah ketemu pertigaan lurus saja menuju dusun ngelo - ngaduman, hingga sampai Dusun Gedong. 
  4. Dari arah Magelang, Ikuti jalan Magelang - Salatiga. Setelah melewati Wisata Kopeng, mau dan turun sedikit lagi hingga melewati Indomaret, kemudian belok kanan melewati Kopeng Treetop. Setelah ketemu pertigaan ke 2, belok kanan dan ikuti jalan sampai Dusun Gedong.
Bagi kalian yang menggunakan Google Maps, silahkan ketik nama wisata berikut seperti peta dibawah dan ikuti GPS setelah cek jalan. Jangan lupa bertanya dan saya sarankan bilang Dusun Gedong, jika bilang Desa Tajuk, wah mungkin kalian akan muter - muter karena Desa Tajuk itu luas.



Informasi
  • Nama : Gedong Pass.
  • Lokasi : Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang 
  • HTM : Seiklasnya di kotak yang disediakan.
  • Maps Keyword : Gedong Pass (G-Pass)
Nah yuk Explore dan perkenalkan Wisata Lokal agar bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa mampir disini ya, jangan lupa comment, share dan Subscribe blog ini agar kalian tak perlu bolak - balik ke Blog ini untuk update kabar terbaru. Cek juga video dibawah ya, salam Explore.


EmoticonEmoticon