Tuesday, May 9, 2017

Air Terjun Mbah Senggol - Banyubiru

Selamat sore sobat Smartphonegraphers, kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu Wisata Air Terjun di Kecamatan Banyubiru. Ini dia Air Terjun Mbah Senggol.

Banyubiru adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Semarang, Kecamatan ini memiliki Desa bernama Wirogomo yang berada di ketinggian. Menurut penelitian dulunya ada sebuah Gunung bernama Gunung Soropati yang meletus dan meninggalkan Caldera berbentuk cekungan U yang kini menjadi deretan Gunung Kelir, Gunung Kendil dan Gunung Telomoyo.

Air Terjun Mbah Senggol

Jika anda berkunjung ke Banyubiru dari arah Ambarawa, tepatnya dari JLS, maka akan sangat kelihatan jelas dari kejauhan sisa Caldera Gunung Soropati. Nah tujuan saya kali ini adalah sebuah air terjun yang berada di pegunungan tersebut, dan bisa anda bayangkan betapa indah pemandangan alam yang saya dapatkan ketika naik menuju Desa Wirogomo yang tepat dicekungan U dan diapit oleh Gunung Kelir.
Air Terjun Mbah Senggol berada di Dusun Kendal Ngisor, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Sekitar 45 menit dari Ambarawa.
Melewati jalan naik berkelok, usahakan ke tempat ini dengan kendaraan yang sehat mesin dan rem nya ya sobat. Mungkin saat berangkat naik, motornya agak tidak kuat, tapi saat pulang turun motor juga harus punya pengereman yang bagus.
Disepanjang jalan selain pemandangan yang indah, sudah disediakan penunjuk jalan ke lokasi wisata sehingga tak perlu bingung.

Air Terjun Mbah Senggol

Air Terjun Mbah Senggol berada agak jauh dari Rumah warga, namun dekat dengan persawahan, sehingga jangan kaget kalau anda bertemu bapak - bapak / ibu - ibu yang sedang bekerja. Sekitar 20 menit dari Parkiran, sampailah di Air Terjun pertama.
Air Terjun pertama tingginya sekitar 7 meter, didepannya ada sebuah jembatan bambu yang bisa anda gunakan untuk berfoto. Dibawah jembatan juga ada Air Terjun kecil yang lumayan deras airnya.
Setelah itu, ada jalan naik memutar dan beberapa tempat istirahat didepan Bambu - Bambu Jawa yang enak dilihat. Disini juga ada Mushola yang dibuat dari Bambu yang bisa anda gunakan untuk Solat. Disediakan pula tempat sampah, jadi jangan buang sampah sembarangan ya.
Sampailah di Air Terjun Mbah Senggol, dengan tinggi sekitar 10 Meter. Airnya tidak cukup deras, tapi ada yang unik dari Air Terjun ini berupa batu mirip jalur air yang terbentuk dan terkikis dari aliran air yang ada disini.
Menurut keterangan salah satu warga, Air Terjun ini dinamai Air Terjun Mbah Senggol karena dulunya tempat ini adalah tempat tinggal Mbah Senggol dulunya.

Pemandangan Desa Wirogomo

Akses Lokasi
  1. Dari arah Semarang - Ungaran, setelah sampai di pertigaan Terminal Bawen belok kanan ke arah Ambarawa. Lalu belok kiri via JLA (Jalan Lingkar Ambarawa). Setelah itu belok kiri tepat di perempatan (Traffic Light Salatiga - Ambarawa). Dari sini anda ikuti jalan melewati Kantor Pos dan Polsek Banyubiru, setelah ketemu pertigaan anda lurus, lalu belok kanan ke arah Desa Wirogomo. Setelah anda melewati Tugu Persaudaraan, maju sedikit lagi dan belok kiri menuju lokasi Wisata.
  2. Dari arah Magelang - Ambarawa, setelah sampai SPBU Ngampin, belok kanan via JLA (Jalan Lingkar Ambarawa), kemudian belok kanan tepat di perempatan (Traffic Light Salatiga - Ambarawa). Dari sini anda ikuti jalan melewati Kantor Pos dan Polsek Banyubiru, setelah ketemu pertigaan anda lurus, lalu belok kanan ke arah Desa Wirogomo. Setelah anda melewati Tugu Persaudaraan, maju sedikit lagi dan belok kiri menuju lokasi Wisata.
  3. Dari arah Salatiga, via JLS (Jalan Lingkar Salatiga), ikuti JLS dan belok kiri ke arah Ambarawa. Ikuti jalan melewati Komp. Perumahan Yonzipur 4, kemudian belok kiri masuk dan belok kanan ke arah Desa Wirogomo. Setelah anda melewati Tugu Persaudaraan, maju sedikit lagi dan belok kiri menuju lokasi Wisata.

Informasi
  • Nama : Air Terjun Mbah Senggol.
  • Lokasi : Dusun Kendal Ngisor, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.
  • HTM : Rp.4000.
  • Maps Keyword : Air Terjun Mbah Senggol.
Sampai jumpa lagi di artikel explore selanjutnya, jangan lupa mampir di wisata ini ya. Berikut Video nya.